
Jika Anda hendak meng-upload/submit file, sebaiknya Anda mempersiapkan dengan baik file tersebut sebelumnya. Tujuannya, agar
saat berhadapan dengan halaman upload/submit Anda tidak perlu lagi kerepotan dan
kalang kabut dalam berpikir mengenai apa yang harus Anda isi di kolom description, keyword, dan seterusnya,
terutama jika pada hari itu Anda tidak punya waktu yang cukup banyak.
Sangat penting jika file yang ingin di-upload
tertata rapi dan mudah untuk diakses atau ditemukan. Sangat penting juga untuk
menata dan memisahkan setiap file
agar tidak saling bercampur dan berpotensi membuat Anda melakukan kesalahan upload/submit saat menelusuri file
atau saat melakukan drag and drop file.
Dan bayangkan jika Anda menyimpan hasil pekerjaan
Anda pada folder yang perlu beberapa belas detik untuk menemukannya. Hal ini
hanya akan membuang-buang waktu, di mana seharusnya hasil pekerjaan itu bisa
diakses hanya dengan sekali atau dua kali klik saja. Mungkin inilah kegunaan
dari sebuah shortcut. Ya, Anda dapat
membuat sebuah shortcut yang Anda
letakkan pada desktop.
Untuk mempersiapkan file yang hendak Anda upload/submit, Anda bisa membuat sebuah folder
dan menempatkan folder-folder lain di dalamnya untuk memisahkan setiap file. Setiap folder diberi nama dan
mungkin juga nomor urut atau tanggal saat upload/submit dilakukan. Selanjutnya, Anda
dapat mengisi folder yang telah diberi nama tersebut dengan file yang Anda butuhkan saat meng-upload/submit. Jadi setiap folder akan berisikan 3 jenis file, yaitu .EPS,.JPG untuk preview, dan catatan yang berisikan keyword dan description.