Keyword
akan berpengaruh pada penjualan setiap konten. Bagi seorang kontributor,
sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana dasar-dasar dari keywording atau proses penentuan sebuah keyword, termasuk description. Memilih keyword
yang tepat dan tidak melanggar aturan juga sangat penting.
Mengisi atau menentukan keyword kedengarannya sangat sepele,
tapi dalam praktik yang sesungguhnya, hal ini cukup sulit. Kesalahan terbanyak
bagi seorang kontributor (terutama yang masih pemula) adalah keywording. Kesalahan yang sering
terjadi saat mengisi atau menentukan keyword
ini akan berpengaruh pada penjualan suatu konten.
Syarat dari “keyword” dan “description”
adalah sebagai berikut:
- Keyword
dan description harus menggunakan
bahasa Inggris dengan ejaan yang benar. Apabila dalam keyword dan description
terdapat kata yang tidak sesuai dengan ejaan, maka Shutterstock akan menolaknya
untuk kemudian memperbaiki atau menggantinya.
- Untuk keyword, Shutterstok menerima bahasa di luar bahasa Inggris dengan
syarat kata tersebut harus majemuk, terdiri lebih dari satu kata, atau tidak
berdiri sendiri.
- Penggunaan kata kunci yang tidak
relevan atau tidak sesuai dengan tema akan dianggap sebagai keyword-spamming, misalnya memasukkan
kata “tomat” pada sebuah gambar yang menampilkan buah apel. Walaupun secara
visual bentuk tomat mirip dengan buah apel, tapi hal itu tidak ada hubungannya.
- Hindari penggunaan kata yang keliru,
misalnya pada sebuah gambar “watermelon”. Jangan menggunakan atau memisahkan “water” dan
“melon” karena “water” tidak ada hubungannya dengan “watermelon”.
- Gunakan tanda koma (,) atau (;) lalu “spasi” sekali untuk memisahkan setiap keyword.
- Setiap konten harus memiliki minimal 7 keyword atau maksimal 50 keyword.
- Jumlah maksimal description adalah 200 kata.
- Gunakan kata dalam bentuk tunggal
(singular) pada keyword dan hindari
penggunaan kata dalam bentuk jamak (plural), misalnya “apples”.
- Gunakan tanda kutip (“...”) untuk
setiap frasa unik, misalnya pada frasa “nasi goreng” atau “clay pot”. Dengan
menggunakan tanda kutip, maka mesin pencari hanya akan menampilkan konten dengan
keyword “nasi goreng” atau “clay pot”
dan mengabaikan semua konten dengan keyword “nasi” dan “goreng” atau “clay” dan
“pot”
- Ada beberapa kata yang ditolak oleh Shutterstock,
seperti: kata “logo”, nama merek.
Lihat pula: [Tips menentukan catrgory]