Syarat Dari Keyword dan Description


Keyword akan berpengaruh pada penjualan setiap konten. Bagi seorang kontributor, sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana dasar-dasar dari keywording atau proses penentuan sebuah keyword, termasuk description. Memilih keyword yang tepat dan tidak melanggar aturan juga sangat penting.

Mengisi atau menentukan keyword kedengarannya sangat sepele, tapi dalam praktik yang sesungguhnya, hal ini cukup sulit. Kesalahan terbanyak bagi seorang kontributor (terutama yang masih pemula) adalah keywording. Kesalahan yang sering terjadi saat mengisi atau menentukan keyword ini akan berpengaruh pada penjualan suatu konten.

Syarat dari “keyword” dan “description” adalah sebagai berikut:

- Keyword dan description harus menggunakan bahasa Inggris dengan ejaan yang benar. Apabila dalam keyword dan description terdapat kata yang tidak sesuai dengan ejaan, maka Shutterstock akan menolaknya untuk kemudian memperbaiki atau menggantinya.

- Untuk keyword, Shutterstok menerima bahasa di luar bahasa Inggris dengan syarat kata tersebut harus majemuk, terdiri lebih dari satu kata, atau tidak berdiri sendiri.

- Penggunaan kata kunci yang tidak relevan atau tidak sesuai dengan tema akan dianggap sebagai keyword-spamming, misalnya memasukkan kata “tomat” pada sebuah gambar yang menampilkan buah apel. Walaupun secara visual bentuk tomat mirip dengan buah apel, tapi hal itu tidak ada hubungannya.

- Hindari penggunaan kata yang keliru, misalnya pada sebuah gambar “watermelon”. Jangan  menggunakan atau memisahkan “water” dan “melon” karena “water” tidak ada hubungannya dengan “watermelon”.

- Gunakan tanda koma (,) atau (;) lalu “spasi” sekali untuk memisahkan setiap keyword.

- Setiap konten harus memiliki minimal 7 keyword atau maksimal 50 keyword.

- Jumlah maksimal description adalah 200 kata.

- Gunakan kata dalam bentuk tunggal (singular) pada keyword dan hindari penggunaan kata dalam bentuk jamak (plural), misalnya “apples”.

- Gunakan tanda kutip (“...”) untuk setiap frasa unik, misalnya pada frasa “nasi goreng” atau “clay pot”. Dengan menggunakan tanda kutip, maka mesin pencari hanya akan menampilkan konten dengan keyword “nasi goreng” atau “clay pot” dan mengabaikan semua konten dengan keyword “nasi” dan “goreng” atau “clay” dan “pot”

- Ada beberapa kata yang ditolak oleh Shutterstock, seperti: kata “logo”, nama merek.


Lihat pula: [Tips menentukan catrgory]